Selasa, 25 Oktober 2011

5 pelatih top dunia

1. Sir Alex Ferguson 

arenaku
Sir Alex Ferguson mengawali karir kepelatihannya di East Stirlingshire sebuah klub di Skotlandia pada tahun 1974 kemudian dia diangkat menjadi pelatih St.Mirren pada tahun yang sama di St.Mirren SAF mendapatkan gelar pertama di Divisi pertama liga Skotlandia pada musim 1976-1977. Pada tahun 1978 SAF kembali mendapat klub barunya yaitu Arbedeen hingga 1986 ,Dia diangkat menjadi pelatih timnas Skotlandia di tahun 1985 pada tahun 1986 dia pindah klub ke EPL melatih klub besar yaitu MU. Diawal karir di Manchester dia sempat mengalami kegagalan di dua musim awal nya,akan tetapi masa-masa buruk itu dia dapat
melewatinya.Dimana dia menciptakan generasi-generasi baru yang disebut oleh fans Manchester United sebagai  Fergie babes hingga sekarang. Bahkan banyak pengamat mengungkapan MU adalah SAF karena siapapun pemain yang keluar masuk MU ,MU akan tetap berjaya jika masih di pegang oleh SAF.

2.Jose Mourinho

wikipedia
 Awal karir JM ini merupakan translator di Barcelona pada waktu Barcelona di latih oleh Sir Bobby Robson pada tahun 1992.
Kemudian nama Mou kembali naik ketika dia berhasil membawa Porto FC menjadi juara liga champions sejak itu nama semakin naik ketika dia berhasil membawa Chelsea menjadi juara EPL setelah 50 tahun sejak 1954-1955 tidak pernah juara EPL kemudian 2 tahun berturut-turut menjuarainya. Dia dengan kontroversinya menyebut dirinya "The Special One" pada tahun 2008 dia melatih Inter Milan dia disana berhasil mempetahankan gelar Seri A ditahun pertamanya melatih kemudian ditahun keduanya melatih dia langsung mendapatkan Treble winners dengan menjuarai UCL,Coppa italia dan Scudetto liga italia.kemudian ditahun 2010 dia pindah ke Real Madrid,dan tahun 2011 ini dia mendapatkan penghargaan Pelatih terbaik versi fifa dan iffhs tahun 2010 atas prestasinya membawa inter milan treble winners.


3. Joseph"pep"Guardiola

wikipedia
Awal karir Guardiola bermain sebagai gelandang bertahan dan menghabiskan sebagian besar karirnya bermain dengan FC Barcelona, yang ia saat ini di latihnya. Dia adalah bagian dari the Dream team Johan Cruyff pertama yang memenangkan Piala Eropa Barcelona. Guardiola juga bermain untuk Brescia Calcio, AS Roma, Al-Ahli dan Dorados de Sinaloa. Dia bermain untuk Timnas Spanyol.

Setelah pensiun sebagai pemain, Guardiola menjadi pelatih FC Barcelona B. Pada tanggal 8 Mei 2008, Presiden Barcelona Joan Laporta mengumumkan bahwa Guardiola akan menggantikan Frank Rijkaard sebagai manajer tim pertama. Ia menandatangani kontrak pada tanggal 5 Juni 2008. Pada musim pertamanya sebagai manajer, Barcelona memenangkan treble La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions. Dengan demikian, Guardiola menjadi UEFA Liga Champions manager termuda yang pernah menang. Musim berikutnya, Guardiola dan Barcelona memenangkan Supercopa de España melawan Athletic Club Bilbao, UEFA Super Cup melawan Shakhtar Donetsk, dan FIFA Club World Cup melawan Estudiantes, membawa Pep mendapatkan maksimum enam piala dalam enam kompetisi dalam satu tahun , sehingga menyelesaikan musim pertama dengan sixtuple.


4. Arsene Wenger

wikipedia
Dia melatih klub Liga Inggris ,Arsenal sejak tahun 1996 Dia adalah manajer paling sukses dalam sejarah Arsenal dalam hal piala dan juga manajer klub paling lama menjabat.Wenger adalah orang pertama yang non-Inggris manajer untuk memenangkan Double Winners di Inggris, setelah melakukannya pada tahun 1998 dan 2002. Pada tahun 2004, ia menjadi satu-satunya manajer dalam sejarah Liga Premier dan FA melalui seluruh musim tak terkalahkan. Wenger secara luas dianggap sebagai salah satu manajer terbaik di dunia setelah keberhasilan dia telah dinikmati di AS Monaco dan Arsenal. Dia telah dijuluki "mukjizat" oleh mantan ketua Arsenal-wakil David Dein, keterampilan visioner nya manajemen dan prestasi di sepak bola.  Wenger memiliki gelar dalam bidang Teknik Elektro dan gelar master di bidang Ekonomi  dari Strasbourg University dan fasih dalam bahasa Perancis, Jerman dan Inggris, ia juga berbicara beberapa Italia, Spanyol dan Jepang.
 Dia pun dijuluki The Professor oleh para fans dan seterunya.


5.Fabio Capello

wikipedia
Capello memiliki perbedaan memenangkan gelar liga domestik dengan setiap klub ia telah melatih sepanjang karirnya. Dalam lima musim pertamanya sebagai manajer ia memenangkan empat gelar Serie A dengan Milan, di mana ia juga memenangkan 1993-1994 UEFA Champions League, mengalahkan Barcelona 4-0 di final mengesankan. Dia kemudian menghabiskan satu tahun di Real Madrid, di mana ia memenangkan gelar La Liga pada upaya pertama, dan pada tahun 2001 menyebabkan Roma untuk gelar liga pertama mereka dalam 18 tahun. Capello juga memenangkan dua gelar di Juventus (yang kemudian dilucuti setelah skandal Calciopoli), dan pada tahun 2006 kembali ke Real Madrid, di mana ia memenangkan gelar La Liga lain. Secara keseluruhan ia telah memenangkan kejuaraan liga utama dalam tujuh (atau sembilan, menghitung dua gelar dicabut dengan Juventus) dari 16 nya musim sebagai pelatih, dan merupakan salah satu dari beberapa manajer untuk mengklaim kemenangan kejuaraan di empat kota besar Eropa: Milan, Madrid , Roma, dan Turin.

Setelah manajer ditunjuk Inggris pada bulan Desember 2007, Capello mengumumkan bahwa peran itu akan menjadi yang terakhir dalam karirnya. Kontrak Capello dengan Asosiasi Sepakbola mulai berlaku pada tanggal 7 Januari 2008, dan pada awalnya direncanakan untuk berjalan selama bertahun-tahun dua-dan-a-setengah, pada tanggal 24 Januari 2008, Capello menjabat sebagai presiden dari Liga Manajer Asosiasi, peran adat yang diberikan kepada pelatih nasional Inggris.Pada bulan Mei 2010 diumumkan bahwa kontrak Capello telah diperpanjang pada tahun 2012....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar